Serak Gulo, Tradisi Warga Keturunan India di Padang Sumatera Barat

  • Posted by Arset Kusnadi
  • at 10:48 AM -
  • 0 comments
Foto:antarasumbar.com
Setiap tanggal 1 Jumadil Akhir dalam penanggalan Islam, warga keturunan India di Padang, Sumatera Barat menggelar tradisi serak gulo atau serak gula. Tradisi itu sengaja digelar untuk mengenang tokoh pembawa Islam di India.

Pantauan Liputan 6 SCTV Sabtu (13/4/2013), tradisi itu dilakukan dengan membungkus gula menggunakan kain lalu disebarkan dari atas atap masjid.

Sebelum gula ditebarkan, terlebih dahulu gula pasir sumbangan dari warga keturunan India di kawasan Kampung Keling Pasar Gadang Kota Padang itu dibungkus kain berukuran kecil. Hal itu dimaksdkan agar gula yang ditebarkan tidak terbuang ke tanah, dan bisa dimanfaatkan oleh warga yang berhasil menangkapnya.

Saat gula-gula itu dibawa ke atas atap masjid untuk ditebarkan, warga pun telah bersiap mengambil ancang-ancang untuk beraksi mendapatkan berkah. Tak lupa, warga pun berdoa kepada yang kuasa dan memanjatkan syukur atas rahmat yang sudah mereka terima.

Acara serak gulo hanya di gelar 1 kali dalam setahun. Di dunia, tradisi serak gulo hanya digelar di 3 tempat yaitu di India, Singapura dan Kota Padang Indonesia. (Tnt)

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 comments: