Kesenian Debus Minang, Turis Asing Naik Tangga Dari Pedang

Sejumlah turis asing di kabupaten Solok Sumatera Barat, ikut atraksi naik janjang ladiang atau tangga dari pedang. Mereka menaiki sebuah tangga, yang anak tangganya adalah pedang tajam. Atraksi ini membuat para turis asing merinding tapi juga menyenangkan karna mendapat pengalaman baru.

Untuk menyambut tamu asing, warga nagari Talang Babungo kabupaten Solok, punya banyak cara. Salah satunya dengan menampilkan kesenian, atau atraksi dabuih, atau debus khas Sumatera Barat. Seperti menyambut para pencinta silek Minang yang datang dari manca negara ini, warga menyuguhkan tari piring diatas pecahan kaca, juga atraksi menaiki tangga ladiang, tangga yang terbuat dari pedang.

Untuk memastikan kepada penonton, sang guru memamerkan ketajaman pedang sebelum di gunakan. Di mulai dengan atraksi dua orang penari, menari piring di atas pecahan kaca, tanpa terluka sedikit pun. Kemudian di lanjutkan dengan atraksi naik janjang ladiang. Para turis asing ini pun tak mau ketinggalan untuk mencoba.

Dengan langkah pasti, kaki mereka menginjak mata pedang yang tajam, sebagai pijakan untuk naik anak tangga berikutnya, tanpa terluka. Tentu saja atraksi ini di awasi dan di kendalikan oleh para guru silat yang mempunyai ilmu ghaib.

Terlepas dari itu, bagi turis-turis asing ini, atraksi ini menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan bagi mereka.

”Wow..wow..Amazing, very spectaculer..its new experience” ucap Simon dari Inggris.
Menurut Guru atraksi janjang ladiang, Syamsuardi, atraksi ini sering di gelar pada acara-acara penyambutan tamu atau juga pesta rakyat. ” Para Turis ini tamu kita, mereka tak pernah menyaksikan atraksi ini sebelumnya, jadi mereka sangat antusias bahkan mereka juga mencoba naik tangga ini tanpa terluka oleh pedangnya” jelas Syamsuardi.

Atraksi janjang ladiang memang sudah jarang ditemukan. Peran aktif masyarakat dan pemerintah untuk melestarikan kesenian ini, menjadi penting agar tidak punah di makan zaman.(art)

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

1 comment: