Rekor Dunia Sipasan Panjang Terpecahkan Di Padang

Warga keturunan Tionghoa yang tergabung dalam Hok Tek Tong atau Himpinan Tjinta Teman di Padang Sumatera Barat, kamis petang berhasil memecahkan rekor dunia. Rekor tersebut mengusung sebanyak 237 diatas keranda atau tandu yang berbentuk sipasan atau kelabang sepanjang 243 meter dan di usung sejauh 1,9 kilometer tanpa henti. Rekor ini, memecahkan rekor sebelumnya yang di pegang oleh negara Taiwan.

Jalan di kawasan Muara Batang Harau ini, di penuhi ribuan orang yang akan memecahkan rekor dunia. Tandu sepanjang 243 meter, yang di tunggangi anak-anak sebanyak 237 orang dan di usung oleh 1500 orang secara bergantian. Tandu panjang ini di namakan sipasan atau kelabang karna dari bentuknya meneyerupai hewan kaki seribu.

Sipasan ini akan di usung sejauh 1900 meter tanpa henti, agar bisa memecahkan rekor dunia. Rekor ini sebelumnya di pegang negara Taiwan dua setengah bulan lalu, dengan mengusung 200 anak di atas tandu sepanjang 176 meter dan jarak tempuh sejauh 1,7 kilometer.

Menurut Carem Vallario, juri guiness record yang datang khusus dari London Inggris mengatakan, bahwa rekor ini mengenai banyak anak-anak yang di usung di atas tandu panjang. “Ini mengenai banyaknya anak-anak yang di usung di atas tandu tersebut, bukan orang yang mengangkatnya, dan rekor ini sebelumnya punya Negara Taiwan beberapa bulan lalu” jelas Carem.

Selain memecahkan rekor dunia, sipasan panjang ini juga memecahkan rekor sendiri yang tercatat di Musium Rekor Indonesia empat tahun lalu. Sipasan panjang, merupakan tradisi warga keturunan Tionghoa di Padang, yang selalu di gelar setiap tahun untuk menghibur masyarakat dan memeriahkan ulang tahun HTT. Selain di Padang, tradisi ini di Indonesia hanya ada di Kalimantan.

Dalam arak-arakan ini, berbagai atraksi juga ditampilkan untuk menghibur masyarakat kota Padang serta di tutup dengan kembang api.(art)

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 comments: